Alasan Menjadi Penerjemah Tersumpah

 



Banyak penerjemah profesional memutuskan untuk menjadi penerjemah bersertifikat, yang umumnya untuk bidang industry akan tetapi ada juga alasan yang salah untuk menjadi penerjemah bersertifikasi dan itulah apa yang akan kita bahas dalam artikel ini. 

Berikut rasionalisasi alasan untuk menjadi penerjemah bersertifikasi:

1) Kesalah yang paling umum untuk menjadi penerjemah bersertifikasi alasannya adalah Anda dapat meyakinkan klien bahwa Anda berpengalaman dalam bidang tertentu padahal dalam bidang yang lain Anda tidak berpengalaman. Selalu bersikap jujur tentang pengalaman Anda dan tidak pernah menyesatkan klien untuk apa yang Anda telah atau belum dilakukan di masa lalu.
2) Penerjemah banyak berpikir bahwa setelah mereka mendapatkan bersertifikat mereka secara otomatis akan mendapatkan lebih banyak pekerjaan penerjemahan yang dikirim kepada mereka.  Hal ini tidak benar, seperti yang selalu Anda kerjakan untuk menemukan klien Anda dan membuat mereka senang.
3) Beberapa penerjemah percaya bahwa mereka tidak perlu menunjukkan banyak pengalaman jika mereka mendapatkan sertifikasi profesional dalam bidang industri. Sementara ini mungkin benar, kebanyakan klien masih akan menghargai pengalaman atas segala sesuatu yang terlah ada. Namun tidak cukup untuk membawa kline kepada keyakinan yang tinggi, karena klien biasanya juga akan meminta daftar pengalaman terjemahan Anda.
4) alasan yang terakhir itu alasan yang salah untuk mendapatkan sertifikasi berpikir itu adalah sertifikasi global diperlukan untuk penerjemah. Ada nggak program sertifikasi global untuk penerjemah yang diterima oleh semua orang, ada terlalu banyak negara, bahasa, standar, ujian, badan pemerintah, dan lembaga pelatihan untuk mengkoordinasikan upaya tersebut.  
Tips ini akan membantu Anda menavigasi pilihan bergabung dengan program sertifikasi terjemahan dan memutuskan Kapan program tersebut akan akan paling bermanfaat bagi tujuan karier Anda.
Penerjemah bersertifikat di Indonesia dikenal sebagai penerjemah tersumpah atau penerjemah resmi. Dalam Bahasa inggris mereka disebut sebagai sworn authorized translator. Jadi pada intinya sertifikasi penerjemah adalah pengakuan tentang pengalaman dan kemampuan menerjemah oleh lembaga penerjemah secara sah. Sertifikasi ini hanya berlaku untuk satu Bahasa dan dibeberapa negara berlaku juga untuk satu bidang terjemahan saja. Misalnya huku, industry, dan lain sebagainya.
Tidak semua bidang dapat diterjemahkan oleh penerjemah bersertifikat dengan tepat dan akurat. Artinya penerjemah bersetifikat tidak menguasai segala materi dokumen terjemahan. Jadi jika dokumen hendak diterjemahkan dengan akurat maka lihatlah beberapa contoh dokumen yang telah dikerjakan oleh penerjemah, baru kemudian kita bisa memastika akan mempekerjakan mereka atau tidak.
Semua penerjemah melakukan penafsiran dengan cara spekulasi, mencari makna yang paling dekat dan paling pantas sampai terjemahan enak dibaca dan dapat dipahami (readable). Mereka harus memutar otak hingga benar benar menemukan kalimat terjemahan yang tepat. Lebih merepotkan lagi ketika menemukan kata yang memang tidak ada artinya dalam Bahasa Indonesia atau kata yang ambigu.
Belum lagi ketika mereka bertemu dengan idiom unik yang tidak pantas ketika diartika sebagaimana mestinya.
Terakhir penulis hanya ingin menyampaikan bahwa penggunanaan biro jasa penerjemah adalah solusi terbaik bagi anda yang mengharapkan hasil terjemahan yang baik dan akurat. Karena disampaing menjadi pekerjaan utama, biro penerjemah memilii tim expert yang selalu updating perkembagan Bahasa baik secara kaidah maupun non-kaidah. Mereka juga berpengalaman menerjemahkan dokumen dengan beragam topic karena mereka melakukan kegiatan menerjemah setiap hari dan hampir setiap waktu.
Salah satu biro jasa penerjemah tersumpah di Jakarta yang sudah teruji dan berdiri diatas ijin usaha yang sah adalah JITS (Jakarta Internasional Translation Services)

Alasan Menjadi Penerjemah Tersumpah 4.5 5 penerjemah tersumpah Banyak penerjemah profesional memutuskan untuk menjadi penerjemah bersertifikat, yang umumnya untuk bidang industry akan tetapi ada juga a...


Hubungi!!

Nama

Email *

Pesan *